Pages

Minggu, 25 Maret 2012

Riau akan menerima pustaka terapung


KEPALA Badan Perpustakan dan Arsip (BPA) Provinsi Riau H Sudirwan Hamid mengatakan,Provinsi Riau mendapat bantuan satu unit kapal yang digunakan sebagai Pustaka Terapung dari Badan Perpustakaan Nasional. Bantuan kapal tersebut juga dilengkapi dengan 3.200 eksemplar buku.

Hal itu dikatakan H Sudirwan Hamid di Kantor Gubernur Riau, Rabu (12/03) siang sebelum bertemu ramah denganpemenang Pertandingan Pidato Antar Bangsa Bahasa Melayu, Sujarhadi.Menurut Sudirwan, bantuan kapal tersebutmerupakan bentuk respon dari Perpustakaan Nasional terhadap permintaan yang diajukan oleh Pemerintah ProvinsiRiau dalam hal ini BPA Provinsi Riau pada tahun 2011 yang lalu. Dikatakannya, pada saat itu pihaknya mengusulkanbantuan sebanyak 2 buah kapal kepada Badan Perpustakaan Nasional.

Tetapi ternyata permintaan kita hanya dikabulkan satu buah kapal saja,” ujar Sudirwan.Sudirwan juga mengatakan, bantuan kapal untuk Pustaka terapung ini nantinya akan diserahkan kepada pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam bulan ini. Hal tersebut karena Bengkalis sudah dua kali mengajukan permohonan itu kepada Badan Perpustakaan Nasional melalui BPA Provinsi Riau.Sementara itu, untuk tahun anggaran 2008 ini pihaknya masih belum mengajukan permintaan kembali terhadap bantuan kapal ini. “Namun nantinya akan kita ajukan kembali kepada Badan Perpustakaan Nasional, “  ungkapnya.Ia menyebutkan, kalau permintaan ini nanti dikabulkan oleh Badan Perpustakaan Nasional, maka pihaknya akan menyerahkan kepada kabupaten/kota yang membutuhkan. Bisa jadi kita serahkan kepada Kabupaten Inhuataupun Kabupaten Inhil katanya. Menurut Sudirwan, kalau kapal itu sudah sampai di Provinsi Riau, maka Badan Perpustakaan Nasional didampingi gubernur Riau HM Rusli Zainal akan menyerahkan langsung kepada pemerintah kabupaten Bengkalis.Ia juga menjelaskan, kapal tersebut memang tidak terlalu besar, namun didalamnya didesain ada rak-rak buku layaknya seperti perpustakaan. Kapal Pustaka Terapung ini katanya bisa dimanfaatkan untuk membaca karena disitu disediakan ruang tempat membacanya.  ”Pustaka Terapung ini nantinya akan bisa singgah disetiap pelabuhan-pelabuhan yang ada di Bengkalis,” kata Sudirwan.nuril

kutipan dari *bangrusli.net

Tidak ada komentar: