Pages

Jumat, 23 Maret 2012

Lelucon pustakawan


Paidjo sudah lama pingin bekerja di perpustakaan, impiannya lama terpendam. Ketika ada lowongan "dicari pustakawan " yang tertera pada sebuah iklan baris dari sobekan koran bekas bungkus kacang. Bergegas-lah Paidjo menemui sang kepala perpustakaan sebuah instansi anu di jalan anu.
Singkat cerita sang Kepala Perpustakaan mewawancarai Paidjo dengan beberapa pertanyaan seputar perpustakaan.
----------------------0000-------------------------------
Apa yang anda lakukan bila seorang pengguna ingin memperpanjang buku?
#Pertama saya ambil penggaris dan ukur panjang buku, lalu tanya pengguna berapa cm meter buku ingin diperpanjang.
Apa yang anda ketahui tentang "slip tanggal kembali" ?
#Hampir mirip dengan slip gaji, keduanya selalu membuat saya penasaran.Dari "slip gaji" kita tahu berapa sisa gaji bulan ini yang masuk kantong, dari "slip tanggal kembali" bisa dikira-kira berapa denda buku bisa masuk kantong pribadi.
Kalau diminta membeli buku baru kiat apa yang akan anda lakukan ?
#Kita cari Toko buku yang memberi diskon tertinggi serta mau mengeluarkan bon kosongan. Dengan jumlah eksemplar ganda maka penuhlah koleksi kita.
Untuk mengolah buku, standar apa yang anda pakai ?
"Menggunakan "standar ganda" Pak, sesekali pakai DDC sesekali pakai UDC.Penetuan subject menggunakan tajuk rencana dan tajuk subyektivitas, sing penting beres Pak
Berapa kira-kira gaji yang anda minta ?
#Yah sekitar 2 juta per bulan Pak
Apa tidak kurang ?
#Ehhm …mungkin 3 jutaan cukup Pak
Sepertinya masih kurang banget
#5 juta deh Pak, ini sudah sangat cukup buat saya
Maksud saya anda "kurang ajar" banget
Lha wong gaji saya saja cuman 1,5 juta per bulan.
------------000----------------------------------
Salam ceki-kian,
eh.. di perpus dilarang ketawa kecuali petugas perpustakaan :-)

/dwt
*Lelucon ini saya salin dari posting oleh Didik Witono dalam milis "Indonesian CyberLibrary Society" 

Tidak ada komentar: