Pages

Kamis, 29 Maret 2012

Tips hemat kertas


*Oleh Ahmad agus 
  mahasiswa IPI 05
Bagi teman-teman yang sering menggunakan kertas baik untuk keperluan mencatat maupun menghitung sesuatu, saya memiliki sedikit tips dan trik menghemat kertas. Selain hemat, juga turut menyelamatkan lingkungan!

Caranya sangat sederhana, dan BERMANFAAT!

1. Sebelum mulai mencatat, usahakan bagilah kertas secara vertikal menjadi dua bagian panjang. Kalau catatan bersifat non formal, maka garis itu tidak perlu kita buat dengan penggaris. Usahakan menggaris lurus ke bawah dengan alami dan berusahalah menggaris selurus-lurusnya, hal ini "melatih kemampuan otak" lho!

Selain melatih konsentrasi, kebiasaan ini menghemat pemakaian kertas yang biasanya kurang efektif, dengan membagi satu halaman menjadi dua bagian panjang, mau tidak mau kita akan menjadi lebih maksimal dalam memanfaatkan kertas tersebut.

Sehelai kertas adalah penting karena semua orang memakainya.

2. Gunakan buku memo kecil. Selain praktis ketika harus merobeknya, buku memo akan membuat kita lebih irit kertas daripada merobek kertas yang lebih besar. Tentu, hasilnya juga jauh lebih rapi.

3. Tren Netbook! Kenapa masih harus pakai kertas?
Netbook, atau notebook mini yang sedang tren sekarang ini sangat dapat diandalkan untuk mencatat segala sesuatunya. Bukankah buku cetak digital pun sudah ada? Saatnya kita mulai mendukung program tersebut! Selain hemat biaya buku juga hemat kertas.

Takut mata menjadi rusak? Gunakan ebook reader yang sudah marak. Harganya tidak terlalu mahal, bahkan mungkin lebih murah dari harga handphone di kantung anda. Kebanyakan reader menggunakan teknologi e-ink yang tampilannya menyerupai kertas tercetak biasa. Tentu, lebih aman bagi mata.

Dan, mengetik lebih cepat daripada menggunakan alat tulis konvensional! Bayangkan berapa banyak kata yang dapat anda ketikkan dalam satu menit! Bandingkan dengan berapa banyak kata yang dapat anda tuliskan dalam jangka waktu yang sama! Jauh sekali perbedaannya. Terlebih jika anda menguasai teknik mengetik sepuluh jari, saya yakin anda akan mengetik jauh lebih cepat daripada harus mencatat dengan tangan.

Terlebih jika penggunaannya berlaku di lingkungan kelas, ketika mencatat dengan tangan, kita harus terus menggerakkan kepala dari papan tulis dan buku. Sedangkan jika mengetik, mereka yang menguasai teknik mengetik tidak perlu melihat tuts-tuts keyboard lagi bukan?

Materi yang memerlukan sketsa gambar? Tenang, sudah banyak netbook yang touch screen, dan harganya pun cukup terjangkau. 

Tidak ada komentar: