Pages

Senin, 07 Mei 2012

Ali bin Abbas al-Majusi

Ali bin Abbas al-Majusi (meninggal 982-994), juga dikenal sebagai Masoudi, atau Latinized sebagai Haly Abbas, adalah seorang dokter dan psikolog Persia paling terkenal untuk Kitab al-Maliki atau Buku Lengkap Seni Medis, buku tentang kedokteran dan psikologi.
Biografi
Dia lahir di Ahvaz, barat daya Persia, dan belajar di bawah Syeikh Abu Musa bin Sayyār Maher. Dia dianggap sebagai salah satu dari tiga dokter terbesar dari kekhalifahan Timur waktu, dan menjadi dokter untuk Adhad Amir al-Fana dowleh Kisra dari dinasti Buwayhid, yang memerintah dari 949 CE 983 CE. Emir adalah seorang pelindung besar kedokteran, dan mendirikan rumah sakit di Syiraz di Persia, dan di 981 Al-Adudi Rumah Sakit di Baghdad, di mana al-Magusi bekerja. Leluhur-Nya Zoroaster, tetapi ia sendiri seorang Muslim. Hormat untuk Allah tampak jelas dalam ibadah dan gaya ekspresi seluruh karyanya [1].
Seni Lengkap Kedokteran
Al-Majusi adalah yang terbaik dikenal untuk nya Kitab Kamil as-Sina'a di-Tibbiyya ("Buku Lengkap Seni Medis"), kemudian disebut The Art Lengkap Kedokteran, [1] yang ia selesai sekitar tahun 980. Dia mendedikasikan pekerjaan dengan Amir, dan menjadi dikenal sebagai Kitab al-Maliki ("Royal Buku", atau dalam bahasa Latin Liber regalis atau regalis Dispositio). Buku ini adalah ensiklopedia yang lebih sistematis dan ringkas dari Razi yang Hawi, dan lebih praktis daripada itu Ibnu Sina The Canon of Medicine, dengan yang digantikan.
Maliki dibagi menjadi 20 wacana, yang sepuluh kesepakatan pertama dengan teori dan sepuluh kedua dengan praktek kedokteran. Beberapa contoh topik yang dibahas adalah dietetics dan materia medica, konsepsi dasar dari sistem kapiler, pengamatan klinis yang menarik, dan bukti dari gerakan rahim selama proses kelahiran (misalnya, anak tidak keluar, tetapi didorong keluar).
Di Eropa sebuah terjemahan Latin parsial diadaptasi sebagai pantegni Liber oleh Constantinus Africanus (c. 1087), yang menjadi teks pendiri Medica yang Salernitana Schola di Salerno. Sebuah terjemahan lengkap dan jauh lebih baik dibuat pada 1127 oleh Stephen dari Antiokhia, dan ini dicetak di Venesia pada 1492 dan 1523. Haly buku tentang kedokteran dikutip dalam Chaucer Canterbury Tales.
Medis etika dan metodologi penelitian
Pekerjaan emphisized kebutuhan untuk sebuah hubungan yang sehat antara dokter dan pasien, dan pentingnya etika medis. Hal ini juga memberikan rincian tentang metodologi ilmiah yang mirip untuk penelitian biomedis modern. [2]
Neuroscience dan psikologi
Neuroscience dan psikologi yang dibahas dalam The Art Lengkap Kedokteran. Dia menggambarkan neuroanatomy, neurobiologi dan neurofisiologi otak dan pertama kali dibahas berbagai gangguan mental, termasuk penyakit tidur, kehilangan memori, hypochondriasis, koma, meningitis panas dan dingin, epilepsi vertigo, sakit cinta, dan hemiplegia. Dia lebih menekankan pada kesehatan melalui diet dan menjaga penyembuhan alami dari dia pada obat atau obat-obatan, yang dianggap sebagai jalan terakhir [1].
Psikofisiologi dan psikosomatik obat
Ali bin Abbas al-Majusi adalah seorang pelopor dalam psikofisiologi dan psikosomatik obat. Dia menggambarkan bagaimana aspek-aspek fisiologis dan psikologis pasien dapat memiliki efek pada satu sama lain dalam Buku Lengkap tentang Seni Medis. Dia menemukan korelasi antara pasien yang secara fisik dan mental yang sehat dan mereka yang secara fisik dan mental tidak sehat, dan menyimpulkan bahwa "sukacita dan kepuasan dapat membawa status hidup yang lebih baik banyak yang dinyatakan akan sakit dan menderita karena kesedihan yang tidak perlu, takut, khawatir dan gelisah "[3].

Tidak ada komentar: